11.07.2012

Taman Nasional Baluran, Afrikanya Jawa

Sueer! Gak percaya kalo ini tempat ada di Indonesia,,, Jawa Timur,,, Baluraaan.

Salah satu taman nasional yang ada di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Udah 3x saya kesini tapi nggk ada bosen-bosennya masih aja ketagihan. Akses buat ke Baluran gampang banget, kalo dari Surabaya naik bis jurusan Banyuwangi, nanti tinggal bilang ke abang keneknya buat turun di Baluran pasti gk akan nyasar. Kalo naik kereta bisa turun di Stasiun Banyuwangi terus naik angkot atau bis ke Baluran. Gerbang masuknya ada dipinggir jalan, jadi gampang banget nyarinya. Sebelum masuk kita mesti bayar tiket nggk sampek 5rb, kalo buat mahasiswa yang mau penelitian bisa dikorting dengan syarat harus bawa surat ijin dari kampus dengan keperluan tertentu.

Di Baluran ini punya ekosistem yang lengkap, ada evergreen, pegunungan, hutan tropis, pantai, sama savananya ini yang bikin terkenal. Mengenai akses masuk, jalan utama menuju savana kurang lebih 12km, disitu ada penginapan sama kantor Bekol. Kalo mau ke pantainya tambah 3km lagi, disini ada penginapan juga namanya Pesanggrahan, Pantai Bama. Jalan dari Batangan (gerbang masuk-Bekol ini jalannya uda diaspal dan bisa dilewatin semua jenis kendaraan, lumayan rusak. Kalo dari Bekol-Bama ini jalannya ajur banget bekas aspalan yang udah rusak, tapi tetep bisa dilewatin kendaraan apa aja kok, cuma ya gitu itu. Oia buat yang gk bawa kendaraan pribadi kalo mau masuk ke Bekol atau Bama bisa naik ojek dengan cost sekitar 30rb.


Kunjungan pertama saya kesini bareng sama temen-temen Biologi UNAIR Surabaya sekitar bulan Juni 2010, dalam rangka liburan berkedok praktikum. Perjalanan Surabaya-Baluran memakan waktu kira-kira 5 jam. Kita nginep di Bama (pantai) dengan cost per-kepala kena 25rb/malem, tapi berhubung mahasiswa jadi kena diskon 50% jadi cuma kena 12.500 doang, huehe, tapi ini juga dengan ijin yang resmi dari kampus.
Ini dia beberapa keindahan yang kita tangkep dari sana,

Gunung Baluran ini dulunya gunung berapi, tapi sekarang udah gak aktif. Makanya daerah sekitar pegunungan ini punya tanah yang subur.
Savananya Baluran
 kita kesini pas musim kemarau jadi savananya gersang, bikin berasa beneran ada di Afrika (pernah kesana juga nggk).
Jalan Bekol-Bama
Coba tebak ini apa?
Kupu-kupuu, yak, kita gak tau kenapa bisa ada banyak kupu-kupu ngerubungin kubangan air, that's a wondefull butterflys :) (jalur Bekol-Batangan)
 Aseli ini makaka yang ada di Bama pada ganas2, jangan sekali-sekali bawa kresek atau makanan kalo keluar penginapan, bisa2 dikeroyok, sumpah ganas beud! Tissue basah aja dirampok kok (dendam).

 Morning Bama :)  
 gak bisa diungkapin dengan kata, Tuhan itu benar pelukis yang Agung

 Night at the Bama, look at the stars, it was an amazing scenery :)
Foto lainnya ada disini



Sekian cerita dari saya, thank’s so much to Bang Cipto dan Bang Adit yang ngebolehin foto-fotonya di share, ini semua hasil jepretan para master macem mereka. Dan semua temen-temen Biologi yang udah bikin perjalanan kali ini makin berkesan :)
Beberapa bulan kemudian saya balik lagi kesini, ceritanya ada disini dan disini

4 comments:

  1. Asli keren sumpah.. kapan ane kesanaaaa ??? *ngosot nangis2

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat ber-ngesot-ngesot ria :p
      semoga bisa segera kesana ya bang, uasli kece abis tempatnya

      Delete
  2. Udah lama pingin kesana, tapi belum terwujud...hiks hiks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bantu biar bs segera kesana deh, pake doa, he

      Delete

Tinggalkan jejak disini..